Jogjasiana Semua informasi yang bermanfaat

MCM Mandiri (Mandiri Cash Management)

7 min read

MCM Mandiri

Apabila ingin mengetahui MCM Mandiri (Mandiri Cash Management) layanan, manfaat dan cara mengaksesnya, maka Anda berada di laman yang benar. Fasilitas bank ini dapat memberikan keuntungan lebih bagi para nasabah, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menggunakannya.

Mari Mengenal Layanan MCM Mandiri

MCM Mandiri (Mandiri Cash Management)

MCM Mandiri ialah layanan yang disediakan untuk para pengusaha. Dengan fasilitas tersebut, pebisnis bisa mengelola rekeningnya sehingga nasib perusahaannya kian membaik. Keuntungan menggunakan fitur ini cukup banyak, salah satunya yaitu dapat melakukan pengecekan secara online.

Kini nasabah tidak perlu capek-capek mendatangi bank bila ingin melakukan pengamatan secara rinci mengenai keuangannya karena ada MCM. Selain itu, sistem keamanannya cukup ketat sehingga pemilik tak perlu takut apabila diretas oleh orang kurang bertanggungjawab.

Layanan ini direkomendasikan bagi pemilik rekening dengan transaksi sangat tinggi. Berkat MCM, segala laporan keuangan bisa dipantau setiap saat secara online. Syangnya, tidak semua pemilik tabungan boleh menggunakan MCM Mandiri. Terdapat persyaratan khusus yang harus dipenuhi.

Syarat mendaftar layanan ini adalah memiliki rekening bisnis Bank Mandiri. Jika Anda bukanlah seorang pengusaha, maka belum bisa menikmati fitur tersebut. Alasannya, fasilitas keren itu hanya diperuntukkan bagi pebisnis dengan trafik keuangan yang padat.

Ketahui Berbagai Macam Layanan MCM Mandiri

Mandiri MCM memiliki banyak layanan yang bisa digunakan untuk memonitor kondisi keuangan nasabah. Dengan mengetahui akan hal tersebut, diharapkan pemilik akun dapat merencanakan baik pengeluarannya sehingga perusahaan tetap stabil. Berikut adalah beberapa pelayanan terbaiknya:

Informasi Mengenai Rekening

Ada banyak manfaat memiliki MCM, salah satunya ialah mengetahui secara pasti mengenai saldo terakhir. Adanya mutasi transaksi milik nasabah dapat dicetak dalam banyak versi mulai dari excel hingga pdf. Kemudahan ini membuat pelaporan keuangan perusahaan semakin mudah.

Tidak hanya tabungan, pengecekan pun dapat dilakukan untuk jenis giro. Selain itu, transaksi dalam dollar pun bisa Anda cek via MCM. Bisa dikatakan, platform ini memberikan berbagai keunggulan untuk berbagai kebutuhan kliennya.

Monitoring Transaksi Keuangan

Selain mampu mencetak rekening secara cepat, adanya MCM ini menguntungkan karena nasabah bisa memeriksa arus keluar masuk uang pada tabungan. Itu sangatlah penting terutama bagi pemilik usaha dengan jumlah transaksi yang tinggi setiap harinya.

Jika ada pengeluaran atau pemasukan mencurigakan, Anda dapat langsung melacaknya dengan cepat. Fitur ini membuat kondisi keuangan semakin transparan karena sedikit dana yang lenyap bisa langsung diketahui. Berkat MCM, segala transaksi uang terpantau secara baik.

Setting Transfer

MCM sangat menguntungkan para pengguna karena bisa melakukan transfer ke bank lain. Tidak perlu menghabiskan tenaga ke ATM sebab pembayaran transaksi dapat dilakukan dari rumah. Selain itu, nasabah boleh mengirim uang menggunakan mata uang rupiah maupun asing.

Kemudahan layanan ini membuat nasabah dimudahkan karena transfer dapat dilakukan dimana saja. Anda pun bisa memasukan data tujuan sebagai salah satu list agar tidak perlu input informasi secara berulang. Bahkan, mengirim uang ke berbagai alamat pun hanya sekali klik dengan mass transaction.

Mengatur Tagihan

Di sini terdapat akses mengenai transaksi piutang perusahaan. MCM dapat melakukan penagihan secara otomatis pada beberapa kliennya. Adanya fasilitas ini memudahkan pengusaha sehingga segala tagihan bisa ditangani dengan baik.

MCM memungkinan melakukan auto debet untuk penagihan secara serentak pada pihak yang terlibat. Kegiatan tagih-menagih pun bisa dilaksanakan dengan cepat tanpa mengeluarkan banyak tenaga. Bagi perusahaan dengan banyak piutang, ini dapat jadi pilihan terbaik.

Ketahui Manfaat Menggunakan MCM

MCM memiliki berbagai keuntungan yang bisa dinikmati oleh nasabah. Selain mampu memberikan kenyamanan, layanan ini juga dilengkapi berbagai fasilitas sehingga memudahkan pengguna. Jika penasaran dengan manfaat, berikut akan diulas beberapa di antaranya:

Sangat Praktis

Salah satu hal yang membuat MCM digemari para pengusaha adalah kepraktisannya. Nasabah tidak perlu melakukan transfer ke ATM karena itu bisa dilakukan langsung dari rumah. Adanya kemudahan tersebut membuat pengguna memutuskan membuat rekening bisnis mendaftarkan layanan ini.

MCM ini sungguh praktis sebab bisa menghemat waktu. Penagihan kepada klien pun bisa dipercepat karena adanya auto penagihan. Tak heran, keberadaan layanan tersebut dibutuhkan oleh berbagai perusahaan besar yang ada Indonesia.

Relatif Aman

Salah satu hal yang menjadi manfaat menggunakan MCM ialah sistemnya sangat aman. Meskipun laporan dilakukan secara online, namun pelaporan hanya bisa diakses oleh sang pemilik saja. Hal itu dikarenakan adanya pengamanan super ketat.

Sebelum mengakses pelaporan serta informasi segala tagihan dan transasksi, nasabah harus mengisi beberapa hal terlebih dahulu. Apabila tak sesuai dengan data, maka orang tersebut tidak akan mampu membuka laporan keuangan tersebut. Adanya kecanggihan sistem ini hanya dimiliki oleh MCM.

Memudahkan Pelaporan Keuangan Perusahaan

Salah satu manfaat digunakannya MCM ialah memudahkan pelaporan keuangan perusahaan. Jika ingin mengetahui informasi segala transaksi baik itu tagihan maupun penerimaannya, Anda hanya perlu login dan memeriksa. Laporan arus uang pun bisa diketahui dalam sekejab.

Selain itu, pelaporan sangat transparan karena bisa dicetak dalam berbagai bentuk file mulai PDF hingga excel. Jika kurang detail, maka disarankan mencetak rekening koran. Ini sungguh sangat praktis sebab dilakukan tanpa keluar rumah, Anda pun dapat melaporkan keuangan terkini disertai bukti fisiknya.

Kenyamanan

Manfaat digunakannya MCM ialah memberikan kenyaman lebih. Dapat dikatakan, hanya dengan sekali klik, rekening koran bisa Anda peroleh. Ini sungguh efektif karena pengguna tidak perlu antri di bank sehingga waktu lebih dihemat.

Pengusaha dengan jam kerja tinggi takkan memiliki banyak waktu mengantri di bank guna mengetahui informasi saldo. Kemudahan ini memberikan pebisnis rasan nyaman yang tinggi. Tak heran, keberadaan MCM mulai dilirik oleh kalangan golongan menengah ke atas.

Sesuai Kebutuhan

MCM bank ini mampu melayani nasabah sesuai keinginan. Sebagai contoh, terdapat fitur mass transaction yang dapat digunakan untuk menagih secara bersamaan. Selain itu, apabila pemilik ingin menransfer ke alamat tujuan sebelumnya, ia juga bisa membuat list agar tidak kerja dua kali.

Kini pengusaha bisa memonitor keuangan perusahaan tanpa merasa kerepotan lagi. Penggunaan aplikasi MCM mampu menyelesaikan segala keinginan nasabahnya. Tak heran, pengusaha besar mulai meliriknya.

Pengawasan Keuangan Terasa Mudah

Terkadang Anda perlu membuka laporan keuangan yang dibuat perusahaan untuk memeriksa sesuatu. Ini sedikit ribet dan tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu. Hal itu dikarenakan pengoperasian kantor tidak 24 jam. Namun, itu takkan terjadi lagi karena pemilik dapat langsung memeriksanya via MCM.

Anda dapat mengawasi secara langsung keuangan baik masuk dan keluar tanpa ada penghalang apapun. Segalanya akan terpantau dengan transparan. Ini akan mengurangi tindak kecurangan yang umumnya bisa dilakukan oleh pihak kurang bertanggung jawab di sebuah perusahaan.

Multifungsi

MCM ini sangat multifungsi sebab dapat digunakan untuk membayar segala tagihan mulai dari bill payment hingga bill upload. Selain itu, ada menu yang sangat dibutuhkan nasabah seperti “Register Auto Debit” serta “Bill Download”. Alhasil, segala tagihan mampu dibayarkan dengan mudah.

Tak hanya itu saja, penagihan pada beberapa klien bisa dilakukan hanya sekali klik. Waktu Anda jauh dihemat, apalagi ini dapat diakses dimana saja. Berkat MCM, segala transaksi baik keluar maupun masuk bisa ditangani dengan mudah.

Pembayaran Pajak

Kepemilikan MCM ini bermanfaat karena pembayaran pajak dapat dilakukan dengan layanan tersebut. Itu sangat berfaedah sebab Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke kantornya hanya untuk membayar. Keunggulan tersebut hanya bisa diperoleh jika memiliki layanan terbaru Mandiri.

Nasabah hanya perlu mengakses “MPN Payment menggunakan laptop beserta jaringan internet berkekuatan baik. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti beberapa langkah yang ada dalam panduan. Pembayaran pajak pun kini terasa lebih menyenangkan karena jauh praktis.

Sistem Canggih

Salah satu keuntungan menggunakan MCM adalah sistemnya sangat canggih. Kecanggihan ini bisa diperoleh oleh nasabah yang terdaftar dalam layanan tersebut. Berkat perangkat lunak itu, segala transaksi terpantau secara transparan. Alhasil, kondisi perusahaan dapat diketahui dengan mudah.

Nasabah hanya perlu menggunakan laptop serta jaringan internet yang cepat. Bicara tentang keamanannya, aplikasi ini sudah sangat canggih. Salah satu keistimewaannya yakni terdapat fasilitas tanda tangan elektronik sehingga sistem pengaman rekening pun lebih terpercaya.

Apa Saja Syarat Mendaftarkan MCM Mandiri?

Bicara tentang MCM Mandiri: layanan, manfaat dan cara mengaksesnya, Anda diharapkan mengetahui persyaratannya terlebih dahulu. Hal ini penting terutama bagi para nasabah yang ingin upgrade demi mendapatkan pelayanan kerennya. Penasaran? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Mengisi Form Pendaftaran

Jika tertarik menggunakan layanan keren ini, nasabah perlu mengetahui beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Salah satunya yaitu melakukan pengisian data. Form yang harus diisikan oleh perusahaan tidak terlalu banyak. Pengisian dilakukan demi mengetahui detail informasi milik nasabah.

Tak hanya mengisi pendaftaran, pemilik rekening pun harus mendaftarkan perusahaan sebagai nasabah pada giro di Mandiri. Poin ini sangat penting dan jika belum dilakukan, maka tidak bisa diproses ke tahapan selanjutnya. Lakukan pengecekan akan hal itu agar Anda tak bolak-balik ke bank.

Mengakses Situs MCM

Setelah melakukan pengisian form serta terdaftar secara resmi pada giro, maka saatnya Anda beralih ke tahap kedua yaitu mengakses website MCM. Nasabah bisa langsung menuju alamatnya di mcm.bankMandiri.co.id. Pastikan alamat yang dituju tidak salah satu digit pun.

Sebelum mengaksesnya, pastikan jaringan internet cukup baik agar pendaftaran via online bisa dilakukan dengan cepat tanpa gangguan. Selain itu, siapkan laptop dengan baterai mencukupi. Kedua hal tersebut merupakan hal wajib yang harus dipersiapkan.

Pengisian Data pada Website MCM

Selanjutnya, pihak Bank Mandiri akan meminta nasabah untuk melakukan pengisian data pada situs resminya secara online. Ini merupakan tahap terakhir yang harus dilakukan sebelum bisa menikmati fitur cash Mandiri management. Pada website tersebut tersedia dua bahasa yakni Indonesia dan Inggris.

Anda dapat menggantinya sesuai keinginan. Nantinya, ada beberapa informasi terkait nasabah yang harus diisi dengan data sebenarnya. Jika mengalami kendala saat mengakses, pengguna bisa menghubungi pihak Mandiri via telepon. Dijamin, Pihak CS akan membantu dengan sigap.

Cara Mengaksesnya MCM dari Rumah

Setelah melakukan pengisian form yang dilakukan di Bank Mandiri terdekat, nasabah akan diminta melakukan pengisian data penting secara online. Untuk bisa mengaksesnya, Anda perlu mengunjungi webnya “MCM.bankMandiri.co.id”. Setelah itu, isilah username, password dan company ID.

Setelah mengisi, silakan klik “Login”. Sebelum tekan tanda masuk, Anda bisa mengganti bahasa web dengan Indonesia maupun Inggris sesuai kebutuhan. Adanya pilihan ini mempermudah nasabah yang menginginkan bahasa asing untuk mengoperasikannya.

Sebenarnya, login ke website MCM bukan perkara sulit. Namun, pengisian datanya harus teliti agar tidak menimbulkan gangguan. Jika kerepotan memperoleh password, maka tanyakan pada pihak admin di bagian perusahaan Anda.

Setelah berhasil kini Anda diizinkan langsung menggunakan layanan MCM secara bebas. Apabila belum bisa digunakan, pengguna dianjurkan menunggu selama beberapa saat. Jika berlanjut, nasabah dapat menanyakan hal tersebut kepada CS via online baik email maupun telepon ke 1500150.

Kemudahan Akses MCM Bagi Nasabah Mandiri

Salah satu kemudahan yang dapat dinikmati oleh nasabah pengguna MCM adalah sistem online. Layanan itu bisa digunakan selama 7 hari 24 jam non-stop. Ini sangat praktis karena Anda tidak perlu jauh-jauh ke ATM untuk mengecek saldo. Apalagi perangkat lunak itu berbasis daring jadi cepat diakses.

Pengecekan tagihan maupun piutang dapat dilakukan dengan sekali klik yang merupakan terobosan baru. Nasabah pemilik kesibukan tinggi akan merasa dimudahkan, karena pemeriksaan keuangan bisa dilakukan dengan baik tanpa merepotkan orang lain.

Adanya teknologi canggih khusus ini diberikan agar pengusaha lebih esfisien mengurusi persoalan terkait keuangan baik pengeluaran maupun pemasukan. Meskipun MCM dilakukan secara online, namun tingkat keamanannya super ketat. Bila kesalahan input satu huruf pun, pengguna takkan bisa login.

Jadi, meskipun Mandiri cash management mudah digunakan, namun keamanannya sangat baik. Kemudahan ini pun dirasakan pada pembayaran tagihan serta piutang perusahaan. Apabila ada banyak klien yang ditagih, maka hal itu bisa dilakukan sekali klik saja berkat fitur auto debet.

Pengoperasian MCM Mandiri bagi Nasabah

Berbagai layanan dapat dilakukan menggunakan MCM. Aktivitas pembayaran transfer atau pengecekan saldo semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi itu bisa dilakukan setiap saat selama 24 jam tanpa henti. Nah, di bawah ini ada beberapa cara pengoperasiannya:

Transfer Sesama Bank Mandiri

Jika ingin menransfer uang ke sesama bank menggunakan MCM Mandiri online, caranya mudah yakni login ke website. Selanjutnya, tekan “Payable Management” di menu utama. Kemudian klik “in house transfer” dilanjutkan “single currency.” Lalu, pilih rekening sumber.

Setelah itu, masukkan keterangan serta nomor referensi yang berjumlah 20 karakter. Kemudian, pilihlah rekening tujuan transfer. Di sini Anda bisa mengirimkan notifikasi dengan cara klik beneficiary notification. Setelah itu, akhiri transaksi menggunakan opsi “Confirm.”

Mengecek Saldo Terakhir

Pemeriksaan saldo rekening terasa mudah karena bisa dilakukan secara online. Jika penasaran dengan keuangan saat ini, segera login ke website MCM. Selanjutnya, pilih account information lalu, tekan balance inquiry. Setelah itu, klik today balance kemudian single account.

Pengecekan saldo dengan metode itu hanya berlaku untuk single account. Jika telah menemukan nomor rekening Anda, silakan klik “Show.” Pengguna kini dapat mengetahui berapa jumlah uang yang tersisa. Laporan tersebut bisa diunduh sebagai pemberkasan. Cara ini cukup simpel, bukan?

Baca Juga: Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Itulah beberapa info penting mengenai MCM Mandiri (Mandiri Cash Management) layanan, manfaat dan cara mengaksesnya. Sebelum memutuskan menggunakan fitur keren tersebut, ada baiknya Anda mengetahui secara detail persyaratannya sehingga proses pembuatannya lebih cepat. Semoga info di atas bisa berguna.

Jogjasiana Semua informasi yang bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *