Jogjasiana Semua informasi yang bermanfaat

Manajemen PAUD

7 min read

Manajemen PAUD

Sebenarnya tidak sulit mengisi dapodik. Namun, tetap saja panduan mengisi data manajeman PAUD dengan mudah laris manis dicari banyak orang. Tutorial mengenai hal umumnya telah banyak beredar. Namun, terkadang informasi yang diberikan kurang jelas sehingga masih membingungkan.

Persiapan saat Melakukan Pengisian Data Manajemen PAUD (Dapodik)

Jika ingin mengetahui panduan singkat mengenai bagaimana mengisi data manajemen PAUD, maka ada beberapa hal yang wajib diketahui terlebih dahulu. Pada laporan tersebut ada banyak informasi yang harus diisi, mulai dari data peserta didik hingga sekolah.

Sebelum melakukan pengisian pada aplikasi dapodik, pengguna diharapkan melakukan pemilihan metode sikronisasi terlebih dahulu. Namun, hanya bisa dilakukan apabila sekolah tersebut telah terdaftar secara resmi pada data manajemen di dinas pendidikan.

Bagaimana metode mengetahui sudah terdaftar atau belum. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menanyakan pada pihak sekolah apakah telah memiliki username dapodik atau tidak. Jika belum, maka registrasi terlebih dahulu sesuai panduan.

Apabila pengguna tidak melakukan registrasi, maka pengisian data manajemen ini takkan bisa dilakukan. Untuk itu, diharapkan segera melakukan pendaftaran agar dapat segera mengisi informasi penilaian kerja siswa di sekolah.

Beberapa Panduan Mengisi Data Manajemen PAUD dengan Mudah

Panduan Mengisi Data Manajemen PAUD dengan Mudah

Sebelum mengisi emen PAUD, operator diharapkan melakukan registrasi terlebih dahulu. Hal ini merupakan langkah wajib, terutama apabila Anda belum pernah mendaftarkan sekolah. Agar terdaftar, sebaiknya lakukan tahapan berikut:

Login

Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah masuk website resminya yakni https://manajemen.PAUD-dikmas.kemdikbud.go.id/. Kemudian, pastikan memilih bagian “Log in. Di sini terdapat 2 opsi yaitu Unit/Satuan Kerja dan Satuan Pendidikan, untuk dapodik silakan tekan pilihan kedua.

Selanjutnya, pilih “Daftar Baru/Lupa Password” untuk mendaftarkan diri. Opsi ini ada di bagian paling bawah. Tahapan itu khusus bagi Anda yang belum terdaftar dalam sistem. Jika sudah, maka skip saja cara tersebut dan bisa langsung beralih ke bagian sinkronisasi.

Input Kode

Kemudian, segera input kode verifikasi yang berjumlah 36 digit beserta NPSN. Untuk memperolehnya, Anda bisa mendatangi Dinas Pendidikan terdekat. Umumnya, pihak sekolah telah mempunyai kode rahasia tersebut.

Pastikan pengguna tidak memasukkan kode tersebut. Pin ini unik karena hanya bisa digunakan oleh satu pihak saja untuk verifikasi. Apabila berhasil, maka akan muncul form yang dapat diisi. Formulir itu terdiri dari berbagai data mulai dari nama hingga nomor telepon.

Pengisian Formulir

Ada beberapa data isian pada formulir ini yaitu nama lengkap, email, alamat, password, konfirmasi password, nomor hp dan telepon. Pastikan mengisikan informasi tersebut sejujur-jujurnya. Jika setelah dilakukan pengisian ternyata sudah terdaftar, maka terdapat 2 hal yang tak bisa diubah.

Dua hal tersebut adalah nama dan alamat email yang telah terdaftar. Meskipun demikian, password masih bisa dilakukan penggantian apabila email sudah diverifikasi. Jika terpaksa ingin mengubah username, jalan satu-satunya adalah mendatangi Dinas Pendidikan terdekat agar dilakukan penggantian.

Berbagai Pilihan Aplikasi Dapodik PAUD

Management PAUD memiliki 3 opsi yang bisa digunakan untuk melakukan sinkronisasi. Keberadaan pilihan ini memudahkan masyarakat sehingga dapat memilih sesuai keinginan sebab tidak semua pengguna selalu dilimpahi internet tanpa batas. Selain online pengguna juga boleh mengisi offline dan berikut ulasannya:

Dapodik Offline

Salah satu cara paling mudah yang bisa diterapkan untuk melakukan sinkronisasi adalah dapodik offline. Prosesnya cukup gampang sebab pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut. Selanjutnya, Anda harus melakukan sinkronisasi secara online.

Metode itu memang tidak sepenuhnya dilakukan secara offline. Khusus bagian sinkronisasi, pengguna perlu melakukannya menggunakan internet. Meskipun demikian, cara ini relatif praktis karena pengisian dilakukan memakai aplikasi yang sudah diunduh ke laptop.

Dapodik Online

Ada lagi cara keren yang bisa dilakukan untuk menyinkronkan data yakni dapodik online. Metode ini pun cukup praktis sebab pengguna tidak perlu susah payah mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Jika tertarik menggunakan metode tersebut, Anda dapat menuju ke website resminya.

Pengisian ini mengandalkan internet secara utuh dari awal login hingga sinkronisasi. Poin plusnya adalah Anda tidak perlu install aplikasi dapodik ke laptop. Apabila ingin menggunakan metode itu, segera kunjungi https://aps.PAUD-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik.

Dapodik Kirim File (Offline)

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah menyinkronkan dapodik sekolah adalah mengirimkan file. Metode ini sepenuhnya dilakukan secara offline baik pengisian data hingga sinkronisasi. Banyak orang menyukai opsi tersebut karena tidak terlalu membutuhkan jaringan internet.

Jadi, pengguna harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi dapodik tersebut. Selanjutnya, isilah data-data yang diwajibkan untuk dilengkapi. Setelah itu, sinkronisasi dilakukan manual yaitu mengirimkan berkas ke pihak pusat. Metode ini cocok dilakukan bagi daerah yang susah dengan sinyal internet.

Cara Mengisi Sinkronisasi Dapodik Online atau Offline

Cara Mengisi Sinkronisasi Dapodik Online atau Offline

Pengisian data untuk memilih sinkronisasi dapodik PAUD sebenarnya tidak ribet. Namun, pengguna disarankan berhati-hati agar tak salah memilih metode penyinkronan. Apabila salah, maka akan memberikan dampak kurang nyaman bagi pemilik akun. Untuk itu, perhatikan ulasan berikut:

Login

Sebelum melakukan pengisian data, pengguna harus mengisi pemilihan sinkronisasi pada aplikasi manajeman yaitu https://manajemen.PAUD-dikmas.kemdikbud.go.id. Setelah itu, jangan lupa sebagai “Satuan Pendidikan”. Kemudian, Anda akan langsung melihat tampilan beranda.

Saat masuk ke website tersebut, periksa internet sebab jika koneksi buruk akan mengakibatkan gangguan pada proses login ini. Disarankan menggunakan wifi berkekuatan baik karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bila memakai data seluler ditakutkan berhenti sebelum usai.

Pengisian Data

Kemudian, isilah data-data sekolah dengan runtut. Ada berbagai info yang bisa diisi mulai dari jumlah guru hingga sarana dan prasarana. Di bagian kanan atas akan nampak notifikasi email belum terverifikasi apabila pengguna lupa melakukannya sebelumnya. Agar proses berhasil, sebaiknya isi terlebih dahulu.

Setelah benar-benar terverifikasi, maka segera lakukan pengisian. Jangan memasukkan data palsu karena itu termasuk dalam kecurangan. Sesuaikan saja berdasarkan kenyataan di lapangan sehingga laporan akan lebih akurat.

Pemilihan Metode Sinkronisasi

Setelah mengisi data mengenai sekolah baik tentang guru dan sarana di sekolah, saatnya memilih metode sinkronisasi. Terdapat 3 cara yang bisa Anda pilih yakni dapodik online PAUD, dapodik offline, dan kirim file.

Adanya ketiga pilihan ini memudahkan pengguna sehingga Anda bisa dengan bebas memilih cara mana untuk sinkronisasi data dapodik. Jika ingin hemat internet, metode yang dapat dipilih ialah kirim file. Namun, apabila ingin praktis dan tersedia wifi di rumah, silakan pilih online. Setelah itu, klik “Simpan”.

Cara Mengisi Data Manajemen PAUD Online

Usai memilih metode sinkronisasi, selanjutnya Anda perlu melakukan beberapa pengisian info peserta didik. Informasi mengenai anak ini sangat bervariasi. Mulai dari penugasan hingga kelulusan. Bila penasaran akan panduan data managemen PAUD dengan mudah, simak ulasan berikut:

Buka Situs Resmi

Kali ini akan diinfokan bagaimana cara pengisian dapodik PAUD tanpa ribet sebab metode itu relatif simpel. Namun, memerlukan jaringan internet untuk mengoperasikannya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah kunjungi https://aps.PAUD-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik.

Anda dapat mengetikkan alamat web tersebut pada browser daam laptop kesayangan, namun jangan sampai salah satu huruf karena jika salah maka takkan bisa mengaksesnya. Apabila berhasil, pengguna akan melihat tulisan halaman log in beserta DAPOPAUDDIKMAS di bagian atasnya.

Log In

Pada tahap ini silakan masukkan username dan password yang sudah dibuat sebelumnya. Apabila tidak berhasil masuk padahal telah menuliskan kode serta nama secara benar, mungkin capslock laptop belum dimatikan. Jika takut melupakan sandi, maka ceklist bagian “Remember me”.

Setelah itu, jangan lupa klik Log in di bagian paling bawah. Apabila kata kunci yang dimasukkan dalam website sudah sesuai, seharusnya pengguna bisa melihat tampilan dapodik PAUD secara otomatis. Jika ternyata warnanya putih, mungkin kendalanya ada pada koneksi internet Anda.

Pengisian serta Update Data

Cara mengisi dapodik PAUD sebenarnya tidak sulit. Setelah berhasil login. Terdapat Ringkasan yang memperlihatkan informasi terkait data yang belum diisi atau update. Ada 2 bagian yakni PTK serta Peserta. Uniknya, di sini bisa dilihat seberapa progres dari pengisian tersebut.

Pengisian ini sebaiknya dilakukan satu per satu dari hal yang mudah. Sebagai contoh, Anda bisa memulainya dari PTK. Jika ingin mengubah atau mengisi datanya, maka segera pilih Menu PTK/Terdik”. Anda dapat menyalin penugasan sebelumnya dengan klik ikon berwarna biru “Salin Penugasan PTK”.

Penyalinan Data Peserta Didik

Untuk mengisi secara update semester genap, jangan menulis ulang karena ini akan membuang waktu. Anda bisa menyalin data peserta didik dari periode ganjil. Jika bingung menemukan caranya, maka di bagian atas selalu ada menu untuk “Salin”. Bagaimana? Pengisian anak PAUD sungguh mudah.

Pengisian dengan menyalin data sebelumnya sangat praktis karena hanya dilakukan sekali klik. Setelah klik “Salin”, jangan lupa untuk menekan tombol “Ya”. Ini dilakukan agar pengaturan tersimpan baik pada aplikasi tersebut. Penyalinan itu efisien sebab sekaligus copy semua pesera didik.

Rombongan Belajar

Usai menyalin data peserta secara keseluruhan, saatnya pengguna beralih ke menu selanjutnya yakni Rombongan Belajar. Umumnya, begitu tab tersebut dipilih, akan nampak kosong. Nah, jangan bingung. Segera saja klik Pilih Menu” dilanjutkan “Tarik Rombel”.

Di sini operator bisa mengisi seperti dengan semester ganjil apabila tidak mengalami perubahan. Opsi tersebut tinggal dipilih pada menu yang akan muncul pada layar komputer Anda. Terdapat 2 hal pada bagian ini yakni nama rombel dan tingkat pedidikannya. Untuk mengakhiri segera klik “Simpan”.

Mengatur Pembelajaran

Setelah itu, jangan lupa mengatur sistem pembelajaran. Menu ini berada di “Rombongan Belajar di bagian tab “Pembelajaran”. Selanjutnya, klik “Tambah Pembelajaran”. Ada beberapa kolom yang perlu diisi antara lain mata pelajaran, PTK yang mengajar, SK mengajar dan tanggal SK.

Selain itu, isi bagian jam mengajar dalam satu minggu serta status di kurikulum. Pastikan Anda mengisi seluruh kolom tersebut. setelah melakukan pengisian, silakan klik “Simpan agar seluruh data bisa direkap oleh sistem. Untuk memastikan berhasil atau tidak, coba refresh halaman web sesaat.

Memperbaiki Data Invalid Sekolah

Selain melakukan pengisian data, selanjutnya operator perlu memperbaiki informasi yang mungkin tidak valid lagi. Caranya mudah, yakni kembali ke bagian “Dashbord”. Lalu klik bagian “Validasi”. Apabila ada kesalahan, maka terdapat keterangan warna oranye. Di sini tugas operator untuk membenarkannya.

Guna meralat data invalid, silakan masuk ke “Lembaga kemudian coba teliti secara baik apakah informasinya sudah sesuai atau belum. Untuk melakukannya dibutuhkan kecermatan tinggi. Siapa tahu ada informasi tentang sekolah yang tidak sesuai dengan aslinya. Setelah edit, klik “Simpan”.

Memperbaiki Data Invalid Lembaga

Apabila ternyata lembaga juga memiliki data invalid, maka segera direvisi agar sinkronisasi bisa dilakukan. Pengaturan management PAUD ini terletak di bagian “Lembaga tepatnya pada “Sanitasi”. Anda akan menemukannya dengan mudah jika teliti secara benar.

Jangan ditulis ulang karena Anda menggunakan opsi “Salin”. Setelah menyalin, baru lakukan pengecekan ulang. Apabila ada kesalahan tulis atau informasi, baru diedit secara manual. Cara ini relatif mudah sebab tidak terlalu menghabiskan waktu. Durasi bisa dihemat hingga pekerjaan cepat selesai.

Fokus pada Ringkasan Dapodik

Saat melakukan pengisian manajemen PAUD Dikmas. Jangan lupa selalu klik “Simpan setelah mengisi atau merubah informasi. Jika tidak, bisa-bisa informasi yang sebelumnya ditulis akan hilang sehingga Anda harus menulis ulang.

Pakailah fitur “Salin” setiap ingin mengisi data. Gunakan fasilitas itu apabila hal yang dituliskan sama dengan semester yang lalu. Pemanfaatan menu tersebut sangat menghemat waktu. Jadi Anda bisa mengerjakan lainnya seperti memperbaiki info invalid. Ada beberapa hal yang perlu dipahami tentang ini.

Data invalid berwarna oranye. Jika menemukan ini di “Dashboard, segera saja lakukan perubahan sesuai kasusnya. Apabila setelah dilakukan pembenaran warnanya tidak berubah, maka jalan satu-satunya adalah revisi secara manual. Anda bisa meminta bantuan pihak pusat untuk mengubahnya.

Selain itu, jangan lupa fokus pada “Ringkasan”. Warna hijau ini menandai progres pengisian yang dilakukan oleh operator. Jika sudah selesai dan tidak ada invalid sama sekali, maka Anda berarti telah menyelesaikan seluruh pengisian data manajemen. Setelah selesai, jangan lupa log out aplikasi tersebut.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pengisian Dapodik Online

Dapodik PAUD online ini membutuhkan internet untuk mengoperasikannya. Jika terkadang koneksi melemah, maka bersabarlah. Saat melakukan pengisian, diharapkan melihat tiap kolomnya secara jeli. Kesalahan pengisian data baik peserta didik maupun PTK bisa berdampak fatal hingga merugikan.

Memang, terkadang dapat dilakukan perubahan secara online. Namun, terkadang data invalid tidak bisa diubah via daring. Ahasil, operator harus meminta bantuan pada pihak pusat agar dibantu revisi via manual ini kurang praktis. Meskipun demikian, metode itu cukup solutif untuk menangani masalah.

Guna menghindarinya, diharapkan lebih berhati-hati menuangkan data-data baik mengenai para guru maupun peserta didik. Jangan melakukan pengisian di saat tergesa. Itu takkan memberikan hasil yang bagus. Luangkan waktu untuk input segala informasi demi keberhasilan mengisi dapodil PAUD.

Panduan mengisi data manajemen tingkat PAUD ini sebenarnya tidak sesulit bayangan. Memang, ada banyak sekali menu-menu yang ada pada aplikasi tersebut. Namun, jika telah mempelajarinya secara teliti, dijamin pengisian terasa saat mudah. Agar itu terjadi, bacalah tutorial itu dengan hati-hati.

Demikian beberapa panduan mengisi data manajemen PAUD dengan mudah. Metode ini bisa langsung diterapkan supaya pengisian dapodik berjalan baik. Agar prosesnya lancar, silakan memeriksa jaringan internet atau wifi terlebih dahulu. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Jogjasiana Semua informasi yang bermanfaat

Cara Menghitung Persen

Jogjasiana
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *