Jogjasiana Semua informasi yang bermanfaat

Cara Menghitung Persen

6 min read

cara menghitung persen

Di dalam ilmu matematika tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah persentase. Yap, simbol aritmatik ini sangat berguna dalam memecahkan berbagai masalah serta perhitungan. Oleh sebab itu, baik pelajar maupun masyarakat umum harus paham rumus cara menghitung persen secara detail.

Mengenal Rumus Persentase

Persentase merupakan rasio atau perbandingan untuk menyatakan percahan dari seratus. Sedangkan persen adalah simbol dalam bentuk (%) yang berfungsi menyertai angka dari hasil perhitungan tersebut. Keduanya kerap kali dianggap sama, padahal memiliki pengertian bahkan fungsi berbeda.

Pada zaman romawi kuno, rumus perbandingan hanya menghasilkan bilangan desimal yang melibatkan angka di belakang tanda koma. Dalam proses perhitungannya sering menggunakan beberapa fraksi dengan kelipatan 1/100 atau seper seratus dan digunakan untuk menghitung pajak lelang saat itu.

Kemudian pada akhir abad ke-15, persentase mulai muncul ke permukaan yang digunakan dalam berbagai perhitungan, seperti laba dan rugi suatu usaha. Awalnya istilah perbandingan disebut sebagai “percento”, lalu berganti “per”, kemudian tanda miring “/”, hingga berevolusi menjadi simbol persen “%”.

Kegunaan Rumus Persentase

Rumus persentase telah digunakan oleh umat manusia sejak zaman romawi kuno hingga terus berkembang sampai sekarang. Bahkan, masih dimanfaatkan dalam menyelesaikan berbagai proses perhitungan, baik di sekolah maupun pada kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa kegunaannya:

Memiliki Andil dalam Dunia Perbankan

Tidak dapat dipungkiri, saat membahas seputar dunia perbankan, tentu kehadiran rumus persen ini sering sekali ditemui. Keberadaannya digunakan untuk menyatakan suku bunga atau rasio anak uang tersebut dari sebagian besarnya. Simbol “%” memang selalu menyertai angka di belakangnya.

Melalui rumus persen tersebut, pihak bank juga bisa melakukan perhitungan untuk menentukan besaran suku bunga yang akan diberikan kepada para nasabah. Dengan cara ini pula berbagai proses transaksi maupun pinjam meminjam dapat dilakukan secara transparan.

Menghitung Laba Rugi Perusahaan

Jika Anda seorang pengusaha, tentu saja memiliki laporan keuangan yang dapat merekam semua kegiatan usaha. Dalam berbisnis selalu menghitung namanya laba dan rugi. Hal tersebut dapat diketahui menggunakan rumus mencari persentase dari kedua indikasi keuntungan itu.

Melalui hasil perhitungan tersebut, seseorang dapat memperkirakan modal maupun perencanaan stok selanjutnya untuk usaha. Selain itu Anda juga bisa menghindari kerugian jika menghitung laba dan rugi sejak awal sehingga tidak akan kecewa di akhir dan rencana tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Membantu Menentukan Keputusan

Ketika hendak meminjam uang ke bank konvensional maupun jasa pinjam online, tentu Anda akan hidadapkan dengan suku bunga. Melalui cara menghitung persentase ini, seseorang dapat melakukan perhitungan seberapa besar uang yang harus dikeluarkan untuk membayarnya.

Dengan begitu para peminjam dapat membuat keputusan terbaik apakah akan meminjam dengan suku bunga sekian atau mencari tempat peminjaman lain. Selain itu, rumus persen ini juga bisa menjadi batu loncatan para pengusaha yang baru saja memulainya atau wisausaha pemilik cabang dimana-mana.

Menghitung Diskon

Bagi pemburu diskon, penggunaan rumus ini tentu sering digunakan, entah untuk mencari potongan biaya makanan maupun barang-barang penarik perhatian. Melalui perhitungan tersebut Anda dapat membandingkan besar pengeluaran dengan keuntungan yang akan didapatkan.

Dengan begitu seseorang tidak akan gegabah begitu melihat angka diskon besar-besaran padahal tetap saja membuat pengeluaran membengkak jika tidak dihitung terlebih dahulu. Pastikan perhitungan tersebut mendapatkan hasil valid sehingga pemborosan atau kelebihan keluar uang bisa dihindari.

Rumus Cara Mencari dan Menghitung Persen

Rumus Cara Mencari dan Menghitung Persen

Ternyata banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari rumus tersebut. Kegunaannya tak hanya untuk menyelesaikan soal di sekolah, namun juga terkait kegiatan sehari-hari. Maka, Anda perlu mengetahui cara menghitung persen dari sebuah angka melalui langkah-langkah berikut:

Pahami Tentang Rumus Persentase

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, persentase menunjukkan rasio atau perbandingan suatu bagian dari seratus. Disimbolkan dengan bentuk tipografi seperti “%”. Simbol tersebut berfungsi menyertai angka di depannya sehingga menjadi satu kesatuan.

Rumus persentase terbukti berguna dalam banyak hal, salah satunya menghitung diskon. Bagi pemburu potongan biaya, cara ini tentu dapat membantu Anda memperkirakan antara besar pengeluaran dengan keuntungan yang akan didapat. Selain itu bagi wirausaha hal ini untuk melakukan berbagai perencanaan.

Menentukan Nilai Keseluruhan

Nilai keseluruhan berarti Anda harus menjumlahkan seluruh angka yang kemudian berfungsi sebagai penyebut dari perhitungan ini. Misalnya dalam sebuah toples berisi dua jenis cokelat dengan warna yang berbeda, yakni 54 putih dan 30 hitam. Maka keduanya apabila dijumlah akan menghasilkan angka 84.

Angka 84 inilah yang berfungsi sebagai penyebut. Diletakkan pada bagian bawah dan memiliki sifat nilai secara keseluruhan. Dalam kasus ini bilangan tersebut dianggap memiliki persentase 100% sehingga keberadaannya dijadikan acuan untuk perhitungan berikutnya.

Menentukan Nilai yang Akan Diubah

Nilai di sini dimaksudkan sebagai bagian dari keseluruhan. Melalui contoh yang sama, di dalam toples tersebut terdapat dua jenis warna cokelat, yakni 54 putih dan 30 hitam. Anda diminta untuk menentukan salah satu di antara dua makanan tersebut untuk diambil persentasinya.

Misalnya diambil angka 54, maka bilangan tersebut kini berfungsi sebagai pembilang atau letaknya berada di atas penyebut. Sehingga tujuan dari perhitungan ini menjadi jelas, yaitu untuk mencari tahu seberapa besar prosentase cokelat dengan warna putih di dalam toples tersebut.

Membentuk Pecahan

Apabila pembilang dan penyebut telah ditentukan, maka kini saatnya membentuk pecahan. Kedua angka tersebut dapat diletakkan sesuai dengan tempatnya. Dimana nilai keseluruhan memiliki andil di bawah yang berfungsi sebagai pembagi angka di atasnya.

Berdasarkan contoh sebelumnya, jika ingin diketahui nilai prosentase cokelat putih di dalam toples. Maka 54 berfungsi sebagai pembilang, sedangkan 84 berperan menjadi penyebut. Keduanya diletakkan pada posisinya masing-masing untuk menjalani proses perhitungan berikutnya.

Mengubah Pecahan Menjadi Desimal

Melalui pecahan tersebut diperoleh dua angka dengan fungsi berbeda, yakni pembilang dan penyebut dengan masing-masing posisi berada di atas serta di bawah. Keduanya kemudian dihitung menggunakan pembagian biasa sehingga didapatkan hasil berupa bilangan desimal.

Seperti contoh di atas, dimana cokelat putih berjumlah 54 buah berperan sebagai pembilang dan angka 84 yang merupakan nilai keseluruhan dan berfungsi menjadi penyebut. Maka, keduanya bersatu jadi pecahan serta kemudian dibagi sehingga menghasilkan bilangan desimal, yakni 0,64.

Mengubah Desimal ke Dalam Bentuk Persen

Cara menghitung persentase yang terakhir adalah mengubah bentuk desimal menjadi persen. Hal ini dapat dilakukan melalui perkalian terhadap hasil pembagian tadi dengan angka 100%. Sehingga rasio atau perbandingan antara bagian dari keseluruhannya dapat diketahui. Teknik tersebut lebih mudah.

Jika mengambil dari contoh yang ada, maka hasil dari pembagian tersebut adalah 0,64. Selanjutnya angka desimal itu dikalikan dengan 100% sehingga menghasilkan bilangan persen. Dengan begitu dapat diketahui bahwa prosentase coklat putih dalam toples adalah sebesar 64%. Mudah sekali, bukan?

Macam-macam Rumus Persentase

cara menghitung persentase

Setelah mempelajari bagaimana cara menghitung persentase dari nilai keseluruhan, kini Anda juga perlu mengetahui bahwa rumus persentase memiliki banyak macamnya. Masing-masing digunakan pada kasus yang berbeda. Berikut informasi khusus untuk para pembaca:

Mengubah Bentuk Persen Menjadi Desimal

Bilangan persen berarti terdapat suatu pecahan dimana pembaginya berupa angka 100. Untuk mencari desimal, maka dapat menggunakan rumus mencari presentase. Langkah pertama adalah dengan mengubah bentuknya menjadi sebuah pembilang dan penyebut lali melakukan pembagian.

Sebagai contoh, terdapat sebuah angka 45% yang ingin dibuah menjadi bentuk desimal. Maka, pertama-tama harus diubah dulu menjadi pecahan. Bilangan tersebut sama saja artinya dengan 45/100 karena angka 100 menunjukkan persentase. Selanjutnya tinggal dilakukan pembagian sehingga hasilnya 0,45.

Mengubah Bentuk Desimal Menjadi Persen

Cara satu ini merupakan kebalikan dari rumus sebelumnya. Mengubah bentuk desimal menjadi persen sangat mudah. Cukup mengkalikan bilangan yang memiliki angka di belakang koma tersebut dengan 100%, maka hasil persentase sudah bisa didapatkan. Agar lebih jelas, simak contoh di bawah ini.

Misalnya, terdapat sebuah bilangan berupa desimal seperti 0,5. Untuk dapat mengubahnya menjadi bentuk persen, maka cukup mengkalikan angka tersebut dengan 100% sehingga diperoleh persentase bilangan baru berupa 50%. Contoh lain, yaitu 0,67 maka dapat diubah menjadi 67%. Mudah, bukan?

Mengubah Bentuk Pecahan Menjadi Persen

Pastikan untuk selalu ingat bahwa pembagi harus berupa angka 100 agar dapat diubah menjadi bentuk persen. Jika ternyata pada soal penyebut belum memenuhi syarat, maka Anda bisa mengkalikan penyebut dengan pecahan lain yang memiliki dua komponen angka sama atau seperti bernilai 1.

Sebagai contoh, terdapat angka berupa ¼. Berbeda dengan desimal bilangan tersebut tidak bisa langsung diubah menjadi persen. Maka, pecahan tersebut harus diubah pembilangnya menjadi 100, yakni dikalikan bersama 25/25. Sehingga didapatkan hasil dalam bentuk persentase, yaitu 25%.

Contoh Penyelesaian Soal Menggunakan Rumus Persentase

Setelah sebelumnya belajar mengenai cara menghitung persentase, kini saatnya untuk mengaplikasikan rumus persen ke dalam berbagai persoalan. Berikut beberapa contoh soal dalam kehidupan sehari-hari yang memanfaatkan teknik perhitungan tersebut:

Menghitung Laba dan Rugi

Menghitung Laba dan Rugi

Menghitung kedua komponen tersebut tentu saja sangat penting dalam dunia bisnis. Sudah sepatutnya seorang wirausaha memperhitungkan segalanya agar tidak bangkrut. Caranya menghitung untung, pertama kurangkan harga jual dan beli lalu bagi dengan biaya pembelian selanjutnya kalikan 100%.

Sedangkan untuk mencari persentase rugi cukup membalik pengurangan dari pembilang yakni (harga beli – jual) selanjutnya langkahnya sama. Melalui cara ini Anda dapat memperkirakan keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan sehingga mampu mempersiapkan segalanya dengan baik.

Menghitung Diskon

Bagi pemburu diskon, Anda wajib memperhitungkan terlebih dahulu sebelum membelinya. Caranya adalah dengan mengkalikan persen potongan dengan harga jual barang atau makanan. Selanjutnya lakukanlah pengurangan antara biaya sebelum dan sesudah dipotong.

Misalnya, sebuah baju seharga Rp 100.000 didiskon sebesar 10%. Maka kalikan terlebih dahulu kedua angka tersebut hingga diperoleh hasil Rp 10.000. Selanjutnya lakukan pengurangan harga sebelum dan setelah terkena potongan. Maka uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli baju tersebut Rp90.000

Alat Bantu untuk Menghitung Persentase

Dunia matematika semakin dimudahkan dengan berbagai rumus persen yang ada untuk memecahkan banyak permasalahan. Bahkan kini beberapa teknologi digital turut menyumbangkan inovasinya. Beragam alat bantu hitung dapat Anda temukan dimanapun dan kapanpun, seperti:

Kalkulator

Alat bantu ini tentu saja sudah dikenal banyak kalangan mulai dari pelajar hingga orang-orang yang telah bekerja di kantor. Melalui kalkulator, seseorang tidak perlu lagi menghitung atau mengubah angka menjadi bentuk persen secara manual dan tinggal menekan tombol pada keyboardnya saja.

Saat ini kalkulator telah memiliki banyak jenis dan inovasi. Mulai dari jenis biasa sampai ilmiah yang mengandung banyak simbol matematika. Bahkan kini Anda dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun sebab keberadaannya bisa diunduh di smartphone, tablet dan juga laptop.

Microsoft Excel

Selain kalkulator, Anda dapat menghitung persentase dengan mudah melalui Microsoft Excel. Aplikasi yang secara otomatis ada di semua laptop maupun komputer ini sangat populer di kalangan pekerja kantoran karena kejeniusannya dalam membantu berbagai masalah perhitungan.

Salah satunya adalah dengan menghitung persentase. Melalui rumus digital, Anda dapat melakukan perhitungan pada banyak data secara bersamaan. Misalnya, ingin mengetahui prosentase angka 8 dari 10 cukup mengetikkan pada salah satu selnya sebagai berikut “= 8/10 * 100%” maka muncullah hasilnya.

Cara Menampilkan Format Persen di Excel

Cara di atas merupakan langkah yang dilakukan secara manual. Kini Anda dapat mengubah berbagai angka untuk langsung dikonversikan ke dalam bentuk persentase melalui fitur-fitur dari Microsoft Excel. Berikut beberapa teknik untuk melakukan pengaturan agar bilangan dapat terformat menjadi persen:

Mengetikkan Lambang Persen (%)

Cara satu ini paling mudah dilakukan. Anda hanya perlu menambahkan simbol persen (%) setelah angka yang muncul. Namun, pengguna tetap harus menghitung secara manual menggunakan rumus excel lalu hasilnya disisipi dengan tipografi tersebut.

Misalnya, Anda ingin mengubah bentuk pecahan ½ menjadi persentase. Maka dalam salah satu cell di excel, harus mengubahnya dulu menjadi desimal lalu dikali dengan 100. Diperoleh hasil 50, untuk menjadikannya persen, cukup tambahkan simbol hingga menjadi 50%.

Mengubah Style Format Menjadi Persen (%)

Melalui teknik satu ini, Anda tidak perlu melakukan perhitungan terlebih dahulu sebab hasilnya akan langsung berubah menjadi persentase. Untuk menggunakan fitur tersebut, klik Tab Home yang terdapat pada menu bar, lalu pilih number, kemudian tekan opsi percent (%).

Atau jika cara tersebut terlalu rumit, Anda dapat memanfaatkan kolaborasi dari fungsi keyboard, yakni dengan shortcut ctrl + shift + %, maka format angka pada kolom Microsoft Excel sudah bisa berubah secara otomatis. Melalui teknik tersebut mengubah bilangan biasa menjadi persen bisa sangat mudah.

Mengubah Bilangan Melalui Fitur Format Cell

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengubah angka menjadi persentase secara otomatis adalah menggunakan fitur format cell yang dapat Anda akses dengan klik kanan pada mouse. Setelah muncul kotak dialog pastikan layar menunjukkan pada number bar. Lalu pilih opsi percentage.

Pastikan bahwa desimal pada kotak dialog menunjukkan angka 0, apabila tidak dapat berakibat pada hasil akhir. Ketika fitur tersebut telah aktif, maka Anda tak perlu lagi melakukan perhitungan secara manual menggunakan berbagai rumus ataupun shortcut pada keyboard.

Itulah beberapa ulasan mengenai rumus cara mencari persen yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Pastikan menghitungnya dengan teliti agar diperoleh hasil benar dan tepat.

Jogjasiana Semua informasi yang bermanfaat

Manajemen PAUD

Jogjasiana
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *