Jogjasiana Semua informasi yang bermanfaat

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

7 min read

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Internet banking merupakan layanan yang telah disediakan agar nasabah tidak perlu repot pergi ke mesin ATM untuk melakukan transaksi, begitu pula Bank Mandiri. Cukup hanya melalui smartphone, keperluan finansial bisa dilakukan. Lantas bagaimana cara daftar internet banking Mandiri itu?

Apa itu Internet banking Mandiri?

Sebelum memahami tata cara pendaftarannya, simak penjelasan mengenai apa itu internet banking. Bank Mandiri telah menyediakan suatu layanan yang bisa diakses menggunakan internet sehingga mempermudah nasabah untuk melakukan berbagai macam transaksi hanya lewat smartphone saja.

Transaksi yang bisa dilakukan mulai dari cek saldo, transfer uang ke sesama atau antar bank, membuka tabungan, deposito, membayar kartu kredit, pinjaman KPR/KMG/KTA sampai melunasi tagihan listrik dan air. Semua fitur tadi dapat diakses hanya melalui IB Mandiri di smartphone.

Internet banking Mandiri dapat diakses secara gratis, mudah dan tidak ribet. Anda cukup membutuhkan smartphone serta koneksi internet yang stabil agar bisa mengoperasikannya dengan lancar. Nasabah akan sangat terbantu dalam melakukan transaksi berkat adanya internet banking ini.

Internet banking Melalui Mandiri Internet

Internet banking yang dikeluarkan oleh pihak Bank Mandiri dikenal dengan layanan Mandiri Internet Ini merupakan saluran untuk mengakses rekening nasabah lewat software browser dan mengandalkan kestabilan jaringan internet.

Nasabah dapat mengaksesnya secara real time yaitu selama 24 jam melalui jaringan internet. Anda bisa membukanya cukup mengunjungi situs https://ib.bankMandiri.co.id, kemudian tinggal log in dengan User ID serta PIN yang telah dibuat saat mendaftarkan rekening.

Jadi melalui Mandiri Internet, Nasabah tidak perlu mengunduh sebuah aplikasi terlebih dahulu sebab dapat diakses melalui laman browser. Hal ini cukup memudahkan bagi para penggunanya karena bisa melakukan beberapa transaksi tanpa harus install internet banking di smartphone.

Internet banking Melalui Mandiri Online

Layanan internet banking berikutnya yang disediakan oleh pihak Bank Mandiri ialah Mandiri Online. Perbedaannya dengan Mandiri Internet ialah bisa dioperasikan dengan mengunduh dan menginstall aplikasi di smartphone

Fitur yang tersedia dalam Mandiri Online cukup banyak yaitu pengguna dapat mengontrol finansial secara keseluruhan, bisa melakukan berbagai macam transaksi mulai dari top up, transfer, membayar pulsa listrik atau telepon, melunasi tagihan kartu kredit maupun pembayaran biller apapun.

Fitur top up dapat dilakukan untuk e-Cash, isi ulang e-Money, M-Tix, Go Pay atau jenis uang elektronik lainnya. Selain itu nasabah bisa melakukan transfer uang, melihat riwayat transaksi lengkap seperti cek saldo dan histori, serta yang paling penting adanya sistem keamanan dari bank.

Kemudahan Nasabah Bisa Akses Rekening Lewat Mandiri Internet banking

Mandiri internet yang diakses melalui browser nyatanya dapat digunakan oleh nasabah dalam mengakses rekening masing-masing. Layanan ini sangat mempermudah agar pengguna tidak perlu mondar mandir ke bank hanya untuk menyelesaikan sebuah transaksi finansial saja.

Mandiri internet dapat diakses oleh semua jenis rekening Bank Mandiri, mulai dari tabungan individual, bisnis, giro perorangan menggunakan mata uang baik rupiah maupun negara lain. Semua hal tersebut bisa dengan mudah dibuka oleh nasabah hanya melalui Mandiri banking.

Selain itu, Mandiri internet juga bisa digunakan untuk membuka deposito, rekening pinjaman serta kartu kredit. Semua jenis transaksi yang melibatkan ketiga jenis layanan tersebut dapat diakses dengan mudah di mana saja.

Berapa Biaya Token Layanan Internet banking Mandiri?

Sebenarnya penggunaan internet banking oleh Bank Mandiri bisa dilakukan secara gratis, terkecuali saat pembelian token pada awal pendaftaran. Nasabah perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 20.000 saja dan Rp. 100.000 untuk biaya penggantian apabila token telah hilang.

Token merupakan sebuah alat yang disediakan oleh Bank Mandiri untuk menambah keamanan sistem. Jadi pada saat pendaftaran internet banking, nasabah harus menggunakannya saat log in. Namun apabila mengakses tanpa melakukan suatu transaksi, maka tidak perlu memasukkannya.

Token sendiri berbentuk kalkulator dan berguna dalam membuat One Time Password atau PIN setiap nasabah melakukan transaksi keuangan. Jadi Anda hanya perlu memasukkan kode tersebut saat log in dan akan menggunakannya untuk pembayaran, transfer serta jenis lainnya.

Apa saja Persyaratan Pendaftaran Internet Banking Mandiri?

Berbagai persyaratan nyatanya harus dipenuhi oleh nasabah agar bisa berhasil saat mendaftar Mandiri internet. Beberapa di antaranya yaitu perlu mengisi serta menandatangani formulir untuk aplikasi banking atau sms yang didapatkan dari situs www.bankMandiri.co.id atau kantor cabang.

Setelah nasabah mengisi formulir tersebut, pastikan telah mendapatkan PIN dan ID pengguna yang berbeda. Syarat selanjutnya yaitu perlu menunjukkan kartu identitas bisa KTP,SIM, KIMS dan Paspor serta bukti memiliki rekening. Selain itu, juga penting untuk mempunyai alamat email.

Langkah terakhir ialah nasabah harus mendapatkan kode akses dari bank untuk aktivasi pada situs Mandiri Internet yaitu www.bankMandiri.co.id. Poin yang paling penting ialah pengguna diharuskan telah membaca serta memahami syarat ketentuan internet banking.

Cara Membuat Internet Banking Mandiri

Setelah memahami apa itu Ibanking Mandiri serta beberapa fitur di dalamnya, sekarang waktunya Anda untuk membuat atau mendaftarkan rekening. Caranya cukup mudah, bisa lewat internet banking, Mesin ATM terdekat atau langsung datang ke Bank Mandiri sendiri. Berikut ulasannya:

Cara Daftar Mandiri IB Lewat Mesin ATM

Setelah masuk ke tampilan mesin ATM, pilihlah opsi registrasi e-banking. Lalu ikuti instruksi untuk membuat kode akses menggunakan 16 digit yang terdapat pada kartu debit. Setelah memasukkannya, segeralah pergi ke Bank Mandiri guna mendapatkan sebuah token.

Jika sudah, Anda diharuskan mengisi formulir pengisian token. Setelah mendapatkannya, segera aktifkan melalui www.bankMandiri.co.id dan masukkan data sesuai yang instruksi. Kemudian buatlah ID pengguna dan PIN agar dapat log in.

Cara Daftar Mandiri IB Lewat Kantor Bank

Ketika mendaftarkan rekening Anda lewat kantor cabang Mandiri, Anda diharuskan mengisi formulir registrasi e-banking. Isilah beberapa data sesuai instruksi kemudian nasabah akan mendapatkan kode akses melalui sebuah email dari bank.

Langkah berikutnya yaitu Anda harus mengambil token tanpa harus mengisi formulir lagi. Setelah mendapatkannya, nasabah bisa mengaktifkannya lewat www.bankMandiri.co.id. Tahap terakhir buatlah ID pengguna serta pin agar memudahkan di saat log in.

Transaksi yang Bisa Dilakukan Melalui Internet Banking Mandiri

Setelah Anda mengetahui cara daftar internet banking Mandiri dan sudah aktif, maka sebagai nasabah bisa menggunakannya untuk berbagai macam transaksi. Mulai dari transfer uang baik sesama maupun antar bank, top up, menyelesaikan tagihan kartu kredit, simak penjelasannya:

Cek Saldo, Limit dan Riwayat Transaksi

Selain fitur cek saldo, nasabah juga bisa melihat limit serta riwayat transaksi melalui Mandiri Online. Caranya setelah Anda masuk ke aplikasi, lakukan log in dengan memasukkan ID pengguna dan password. Kemudian pilih “Rekening” yang ingin ditampilkan informasinya.

Setelah itu, informasi mengenai sisa saldo, riwayat transaksi pun lengkap tertampil pada layar Anda. Pengguna juga dapat menentukan periode riwayat yang akan ditampilkan di aplikasi Mandiri Online. Dengan begitu nasabah bisa mengontrol pemasukan serta pengeluaran finansialnya.

Transfer Uang

Fitur transfer uang ini bisa Anda lakukan baik ke sesama maupun bank yang berbeda. Batas uang ialah Rp 100 juta per harinya dan 50 juta per transaksinya. Pastikan Anda sudah log in ke Mandiri Online dengan memasukkan ID Pengguna serta password, pilih menu “Bayar” dan tekan ”Transfer”.

Setelahnya akan muncul dua opsi yaitu “Ke Rekening Mandiri” dan “Ke Bank Lain Dalam Negeri”, pilihlah sesuai tujuan transfer. Kemudian isi beberapa data seperti rekening tujuan, jumlah uang dan lainnya lalu pilih jenis “online” (bukan SKN). Terakhir tinggal konfirmasi dan ketikkan MPIN.

Top Up Saldo OVO

Anda juga bisa mengisi saldo OVO lewat Mandiri Online. Pertama bukalah aplikasi internet banking masukkan username serta password untuk melakukan log in. Kemudian pilihlah “Bayar” setelah masuk ke menu tersebut, tap ke “Pembayaran Baru” lalu tekan “Multipayment”

Setelah itu, tentukan sumber rekening yang Anda pakai lalu pilih OVO di kolom pencarian “Penyedia Jasa”. Ketikkan nomor HP beserta jumah uang untuk diisikan. Terakhir tekan “Lanjut” dan pastikan dahulu data sudah terisi dengan benar kemudian masukkan MPIN.

Top Up Saldo e-Money

Selain OVO, Anda juga bisa mengisikan sejumlah uang di e-Money. Pertama buka aplikasi Mandiri Online kemudian log in dengan memasukkan ID pengguna serta password. Setelah muncul tampilan awal, pilihlah menu “e-Money” ikon berwarna orange biasanya terletak di pojok kanan atas.

Setelah mesuk ke opsi e-Money tadi, pilih menu “Isi Ulang e-Money”. Kemudian tekan “Kartu Tujuan” lalu isikan nomor kartu e-Money Anda dan tentukan sumber rekening serta jumlah nominal yang akan di top up. Pastikan dahulu data sudah benar sebelum memasukkan MPIN sebagai langkah terakhir.

Top Up Saldo DANA

Anda juga bisa melakukan top up ke salah satu jenis uang elektronik yaitu DANA, caranya buka aplikasi Mandiri Online kemudian log in dengan memasukkan ID pengguna serta password. Setelah itu, pilih menu “Bayar” dan klik “Pembayaran Baru” lalu ke “Multipayment”

Setelah itu, tentukan sumber rekening yang dipakaii dan isikan Dana Top Up di kolom pencarian “Penyedia Jasa”. Kemudian masukkan nomor VA dan jumlah nominal uang lalu klik “Lanjut” setelahnya. Terakhir pastikan data tersebut sudah benar saat pengisian sebelum memasukkan MPIN.

Top Up Saldo Link Aja

Top up sejumlah uang ke Link Aja juga bisa Anda lakukan dengan mudah melalui aplikasi Mandiri Online. Setelah memasukkan user ID dan password untuk melakukan log in, kemudian pada halaman utama pilihlah menu “Top Up Link Aja”, ikon berwarna merah berada di baris kedua.

Kemudian tentukan “Rekening”, ketikkan nomor HP dan isikan sejumlah uang yang akan diisikan. Terakhir klik “Lanjut” lalu “Konfirmasi”. Pastikan dahulu bahwa informasi data telah diisi sudah benar agar tidak menimbulkan kekeliruan. Kemudian masukkan MPIN Anda sebagai langkah terakhir.

Top Up Saldo M-Tix

Fitur satunya yang sangat memudahkan nasabah ialah bisa mengisi saldo M-Tix. Pertama yaitu lakukan log in di aplikasi Mandiri Online, masukkan ID Pengguna serta password. Pada halaman utama, pilihlah menu “Bayar” kemudian masuk ke opsi “Pembayaran Baru” dan tekan “Multipayment”

Setelah itu, klik “Sumber Rekening” dan pilihlah XXI-MTix pada kolom pencarian “Penyedia Jasa”. Kemudian isikan nomor HP lalu jumlah nominal yang akan diisikan. Terakhir tekan “Lanjut” lalu “Konfirmasi” setelah memastikan semua data benar sebelum memasukkan MPIN.

Top Up Saldo Go- Pay

Bagi Anda yang sering menggunakan jasa ojek online dan membayarnya menggunakan uang elektronik, fitur internet banking ini sangat membantu untuk mengisi saldo. Pertama, log in ke aplikasi Mandiri Online lalu klik menu “Bayar” di halaman utama layar.

Masuklah ke menu “Pembayaran Baru” lalu klik “Multipayment”. Tentukan “Sumber Rekening” dan pilihlah Go- Pay CUSTOMER di kolom pencarian “Penyedia Jasa”. Kemudian isikan nomor HP serta jumlah nominal top up. Pilih “Lanjut” untuk menyelesaikan transaksi sebelum memasukkan MPIN.

Bayar Pulsa Prabayar

Cara ini sangat membantu bagi Anda yang sering kehabisan pulsa dan tidak mau repot membeli keluar. Caranya setelah log in ke Mandiri Online dengan user ID serta password, pilihlah menu “Beli” pada halaman utama aplikasi. Kemudian masuk ke opsi “Buat Pembelian Baru” lalu tekan “Pulsa”.

Tentukan “Sumber Rekening” kemudian isikan nomor telepon tujuan. Pilih jumlah nominal yang akan di top up dan tekan “Lanjut”. Langkah terakhir yaitu klik “Konfirmasi” sebelum memasukkan MPIN. Pastikan Anda sudah mengisi data dengan benar agar tidak terjadi kekeliruan dalam transaksi.

Bayar Paket Data

Saat ini Mandiri Online dapat Anda gunakan untuk membeli paket data mulai dari Telkomsel, Indosat Ooredoo dan XL. Setelah log in ke aplikasi, pilihlah menu “Beli” kemudian masuk ke opsi “Buat Pembelian Baru” lalu tekan “Paket Data”.

Setelah itu, klik kolom pencarian “Penyedia Jasa” kemudian tentukan kartu sesuai yang Anda gunakan, dari Telkomsel, Indosat Ooredoo atau XL. Terakhir klik “Lanjut” dan masukkan MPIN untuk menyelesaikan transaksi.

Beli Token Listrik

Bagi Anda pengguna Mandiri Online, bisa juga melakukan pembelian token listrik dengan mudah, langkah pertama yaitu setelah melakukan log in di aplikasi dengan user ID serta password, pilihlah menu “Beli” pada halaman utama yang tertera pada layar.

Kemudian masuk ke opsi “Buat Pembelian Baru” lalu pilih “PLN Prabayar”. Tentukan “Sumber Rekening” dan isikan PLN Prabayar pada kolom pencarian “Penyedia Jasa”. Setelah itu ketikkan nomor meter dan jumlah nominalnya. Terakhir klik “Lanjut” sebelum memasukkan MPIN untuk menyelesaikan.

Cara Aman Menggunakan Internet banking Mandiri

Setelah memiliki akun internet banking, ada baiknya apabila Anda memperhatikan beberapa hal untuk menjaga keamanan informasi di dalamnya. Pertama jangan mengaksesnya menggunakan Wi-Fi sebab penggunannya rentan oleh ancaman hacker.

Kedua, Anda harus menjaga kerahasiaan PIN yang diperoleh saat melakukan pendaftaran pertama kali dalam membuat akun internet banking. Selain itu jangan lupa agar membuat passode pada ponsel agar lebih aman lagi.

Terakhir Anda bisa mengganti PIN dan passcode secara berkala untuk menutup kemungkinan adanya kebocoran pihak lain yang telah mengetahuinya. Buatlah kode lebih sulit dan susah ditebak agar orang lain tidak muda mengetahuinya.

Itu tadi penjelasan mengenai internet banking dari Bank Mandiri, mulai dari cara daftar internet banking Mandiri hingga penggunannya yang baik, agar sistem keamanan terjaga. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi klik Mandiri apabila merasa kesulitan dalam melakukan transaksi apapun.

Jogjasiana Semua informasi yang bermanfaat

One Reply to “Cara Daftar Internet Banking Mandiri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *